8 Pertimbangan yang Menentukan Nasib Barcelona kontra PSG

com, Jakarta: Barcelona bakal menjalani tugas berat ketika menjamu Paris Saint Germain (PSG) pada leg 2 Liga Champions, Kamis 9 Maret dini hari WIB. Mereka wajib mencetak lima gol tanpa balas jika ingin lolos otomatis ke perempat final.Tugas berat itu muncul lantaran Barcelona sempat dikalahkan dengan skor 4-0 ketika melakoni leg 1 babak 16 besar di Stadion Parc des Princes. Seperti diketahui, saat itu Barca yang menurunkan skuat terbaik malah tak berdaya dengan permainan efektif PSG.

Klik:Sergio Ramos Punya Naluri Striker

Namun, bola tetap bundar. Hasil pertandingan tidak akan diketahui sebelum kedua tim saling bertarung di lapangan. Terlebih lagi, di atas kertas Barcelona memiliki peta kekuatan yang lebih baik ketimbang PSG. Oleh karena itu, kans Barca untuk membalikkan keadaan bukan hal yang mustahil.

PSG selaku tim tamu diyakini tidak akan terlena begitu saja dengan kemenangan besar yang mereka raih pada leg pertama. Kemungkinan besar, pola permainan bertahan sambil sesekali melancarkan serangan serangan balik bakal diterapkan anak-anak asuh Unai Emery.

Klik:Menilik Sejarah, Dortmund Benfica Ingin Hindari Adu Penalti

Secara peta kekuatan Barcelona memang lebih unggul. Tapi, PSG juga punya modal bagus untuk menerima tantangan Blaugrana. Laga nanti tetap sulit diprediksi, namun Metrotvnews.com sudah menyiapkan delapan pertimbangan yang bakal menentukan nasib Barcelona.Pertimbangan Positif
1. Barcelona Juara Grup: Berkaca dengan laga fase grup, tentu bukan hal mustahil bagi Barca untuk mencetak kemenangan besar. Pasalnya, mereka sempat membantai Manchester City (4-0), Borussia Moenchengladbach (4-0) dan Celtic (7-0).2. Camp Nou Stadion Keramat: Stadion Camp Nou jika penuh oleh puluhan ribu fan Baca bisa menjadi tempat yang menakutkan bagi tim-tim tamu. Sepanjang musim ini saja, Barca sudah menang delapan kali di kandang dengan skor yang selisihnya empat gol. Itu belum termasuk rekor buruk PSG yang belum pernah menang ketika bertandang ke Camp Nou.3. Tantangan Baru: Barcelona bisa dibilang salah satu tim yang berhasil memenangkan sebagian besar trofi ajang bergengsi di dunia. Namun, sepanjang sejarah Liga Champions, belum ada satu pun tim yang berhasil lolos ke babak berikutnya setelah kalah 0-4 pada leg 1. Oleh karena itu, laga nanti bisa saja memacu semangat para skuat Barca untuk menorehkan sejarah baru.4. Adu Penalti: Jika tidak mampu mencetak lima gol, peluang Barca untuk menang bisa terbuka lebih besar apabila bisa membuat kedudukan agregat menjadi imbang hingga adu penalti. Jika sudah begitu, Barca akan sedikit diuntungkan karena kiper Marc-Andre ter Stegen mampu melakukan penyelamatan gemilang sebanyak tiga kali, dari empat tendangan penalti yang ia terima di level Eropa.Pertimbangan Negatif
1. PSG Berevolusi: PSG sudah mengalami banyak perubahan dalam lima tahun belakangan ini. Salah satunya dengan tidak pernah kalah hingga 4-0. Dalam kurun waktu lima tahun ini, skor 0-3 menjadi kekalahan terbesar PSG.2. PSG Belum Pernah Dibantai: PSG memang belum pernah menang tandang atas Barcelona. Namun, kekalahan mereka belum pernah lebih dari selisih empat gol. Terhitung dalam tiga pertemuan di Stadion Camp Nou, PSG kalah 0-2, 3-1, serta imbang 1-1.3. Barcelona Sempat Gagal: Ini bukan pertama kalinya Barcelona butuh selisih gol yang banyak untuk membalikkan keadaan. Tapi biasannya ketika dihadapkan dengan kondisi ini, Barca malah kalah. Itu terbukti ketika mereka takluk 0-4 dari Bayern Muenchen pada semifinal Liga Champions 2012–2013. Bukannya membalikkan keadaan Barca malah dibantai Muenchen 0-3 pada leg kedua.4. Unai Emery: Pelatih PSG Unai Emery sempat membesut Valencia dan Sevilla di La Liga. Oleh karena itu pertemuan kontra Barcelona di Stadion Camp Nou bukan hal yang baru lagi. Terhitung dari 12 pengalaman laga di Camp Nou, tim yang dibawa Emery belum pernah kalah lebih dari 4-0. Kekalahan 4-0 itu hanya pernah dirasakan sekali, saat membesut Valencia dalam kurun waktu dua musim (2006 – 2008). (berbagai sumber) (ACF)

spiritquestdojo.org astonbet Sumber: MetroTVNews