Hasil Copa America Centenario: Kolombia vs Kosta Rika 2-3, Keok di Partai Terakhir

Gol Frank Fabra dan Marlos Moreno tidak cukup menolong Los Cafeteros dalam partai penutup di Grup A pada Minggu (12/6/2016). Sebaliknya Kosta Rika meraih kemenangan terlambat mereka melalui parade Johan Venegas, bunuh diri Frank Fabra, dan Celso Borges. Akibat kekalahan dalam skor Colombia vs Costa Rika, Los Cafeteros harus puas hanya menjadi runner-up grup.
Kosta Rika yang peluangnya ke 8 besar sudah tertutup sejak Amerika Serikat membunuh Paraguay, mestinya tidak tampil kesetanan di Reliant Stadium, Houston, Texas. Namun yang terjadi di luar dugaan. Belum genap dua menit, Johan Venegas sudah menjebol gawang Kolombia dengan tendangan maut setelah mengerjai Felipe Aguilar.

Gol luar biasa tersebut tidak menjatuhkan mental Los Cafeteros. Lima menit kemudian, kedudukan sama kuat. Kali ini Frank Fabra menerobos ke daerah terlarang lawan, lantas mengirim bola ke jalur Roger Martinez. Memang bola bisa dibendung, tapi mengarah kembali kepadanya. Fabra tidak melakukan kesalahan dari jarak 15 yard. 1-1. Perang terbuka pun terjadi.
Kolombia yang di pertandingan ini mengistirahatkan para pemain kunci, bisa jadi tak menyangka Kosta Rika bisa memaksa mereka sejauh ini. Setelah Los Cafeteros membuang dua peluang emas, Los Ticos justru bisa kembali unggul. Venegas kembali beraksi dengan pergerakannya di sisi kanan pertahanan lawan. Umpan silangnya terlewatkan siapa pun, kecuali Frank Fabra yang tidak sengaja mendorong bola masuk ke gawang sendiri.

Jose Pekerman jelas tidak puas dengan kinerja anak asuhnya di paruh pertama. Ia langsung memasukkan Edwin Cardona dan James Rodriguez tepat sejak turun minum. Namun Kosta Rika justru yang berhasil memperlebar jarak. Pemain pengganti Bryan Oviedo mengirim umpan silang yang diselesaikan oleh Celso Borges di menit 58.
Kolombia yang terancam bertemu Brazil jika tumbang di partai ini, memasukkan Juan Cuadrado sebagai pengganti terakhir. Sang winger Juventus langsung berkontribusi tujuh menit setelah masuk. Umpan jitunya diselesaikan dengan jitu oleh Marlos Moreno pada menit 73. Asa kembali tumbuh. Namun asa itu terbang begitu saja.
Justru di partai terakhir, kala Kolombia hanya butuh hasil seri, mereka runtuh dan cuma bisa menjadi runner-up Grup A.

Kolombia (4-3-3): Zapata; Medina, Mina, Aguilar (Juan Cuadrado 66), Fabra; Perez (James Rodriguez 46), Sanchez, Celis; Dayro Moreno (Cardona 46), Martinez, Marlos Moreno.
Kosta Rika (5-4-1): Pemberton; Salvatierra (Oviedo 46), Waston, Acosta, Calvo, Matarrita; Bolanos, Azofelia, Borges (Tejeda 78), Ruiz (Campbell 79); Venegas.
Gol: Frank Fabra 6, Marlos Moreno 73/ Johan Venegas 2, Frank Fabra 34 b.d., Celso Borges 58.

spiritquestdojo.org astonbet Sumber: Sidomi