Hasil Piala Dunia Antar Klub 2016: Atletico Nacional vs Kashima Antlers 0-3, Jepang ke Final!

Di luar dugaan, Kashima yang merupakan wakil tuan rumah Jepang justru meluncur ke final. Penalti Shoma Doi, aksi Yasushi Endo, dan Yuma Suzuki pada partai hari Rabu, 14 Desember 2016 di Suita City Football Stadium, Osaka menghancurkan Atletico Nacional, tim yang lebih diunggulkan, dan berstatus juara Copa Libertadores. Jika tidak ada kejutan, Kashima akan bertemu Real Madrid di partai puncak.
Atletico Nacional datang ke Jepang untuk misi menantang Real Madrid di partai puncak. Mereka ingin memberikan hadiah gelar juara kepada Chapecoene, sesama tim Amerika Selatan yang baru saja terpukul oleh tragedi kecelakaan pesawat. Namun justru tim asal Kolombia itu rontok di hadapan pasukan Kashima Antlers, yang bahkan harus melewati partai play off dan perempat final sebelum tiba di semifinal.
Atletico Nacional sebenarnya mendominasi penguasaan bola dan peluang di babak pertama. Aksi Miguel Borja hanya berujung dengan penyelamatan kiper tuan rumah di menit 21. Jhon Mosqueta tidak mau kalah. Tetapi tembakannya mengenai mistar. Belum cukup, Orlando Berrio mengirim tembakan guntung yang diamankan di garis gawang oleh Gen Shoji.

Dihantam oleh serangan bergelombang Atletico Nacional, justru Kashima Antlers yang unggul di menit 33. Itu dengan bantuan video wasit (VAR) yang dipakai wasit Viktor Kassai. Ia memastikan terlebih dahulu via VAR, bahwa Daigo Nishi dijatuhkan di kotak terlarang. Kemudian Shoma Doi yang mengeksekusi tendangan penalti, mulus untuk membuat tuan rumah berjaya sampai turun minum.
Atletico Nacional terus saja menggempur, tetapi mereka terus pula sial. Kiper Hitoshi Sogahata menjadi salah satu bintang Kashima dengan penyelamatan atas aksi Berrio dan Mosquera sebelum babak kedua. Paruh berikutnya pun, Atletico masih dominan. Tetapi keberuntungan tidak ada di tangan mereka. Borja dan pemain pengganti Cristian Dajome masih mandul. Alejandro Guerra bernasib sama, tembakan jarak dekatnya dimentahkan.
Kashima yang terdesak memanfaatkan kelelahan dan rasa frustrasi lawannya. Menit 83, gol mereka bertambah. Menerima bola di tengah areal terlarang, Yasush Endo menggunakan tumit untuk merobek gawang Atletico. Dan kala tim asal Amerika Selatan sudah semakin terpuruk, dua menit berselang gol Yuma Suzuki menamatkan mereka. Skor akhir 0-3 untuk Kashima Antlers, dan merekalah yang berhak terbang ke finak.
Gol: Shoma Doi 33p, Yasushi Endo 83, dan Yuma Suzuki 85

spiritquestdojo.org astonbet Sumber: Sidomi